--> Pengaruh penambahan sedikit asam, basa, atau pengenceran | Ibeli Ketut

Tuesday, March 31, 2020

Pengaruh penambahan sedikit asam, basa, atau pengenceran

| Tuesday, March 31, 2020
Halo sahabat chemistrylovers.. seperti yang kita bahas sebelumnya larutan penyangga adalah larutan yang mampu mempertahankan pH jika ditambahkan sedikit asam atau basa. Tidak terjadi perubahan nilai pH yang signifikan terhadap sistem tersebut. Hal yang sama terjadi jika suatu larutan penyangga di encerkan. Jika campuran tersebut diencerkan, maka harga perbandingan komponen-komponennya tidak berubah sehingga pH larutan juga tidak  berubah. Secara teoritis, berapapun tingkat pengenceran tidak akan merubah pH. Akan Tetapi dalam praktiknya, jika dilakukan pengenceran yang berlebihan, maka pH larutan penyangga akan berubah. Misal 1 L larutan penyangga diencerkan dengan 100 L akuades, maka pH larutan akan berubah. Bagaimana mengetahui pH larutan penyangga jika ditambahkan sedikit asam, basa, atau pengnceran? Nah pada halaman ini kita akan membahas tentang cara menghitung pH larutan penyangga ketika ditambahkan asam, basa, dan pengenceran.




        

Nah demikian pengaruh penambahan asam , basa, dan pengenceran terhadap pH larutan penyangga. apa yang bisa alian simpulkan dari pembelajaran dan contoh soal (1) dan (2) di atas,? silahkan tuliskan simpulan kalian pada kolom komentar di bawah ini!

Untuk melatih keterampilan kalian dalam menyelesaiakan soal - soal terkait dengan larutan penyangga. Cobalah kalian berlatih mengerjakan soal - soal berikut ini!
Soal 1
Sebanyak 25 mL CH3COOH 0,2 M (Ka = 10-5) dicampurkan dengan 25 mL NaOH 0,1 M membentuk larutan penyangga dengan pH ….
A. 2,0
B. 2,5
C. 3,0
D. 5,0
E. 5,5

Soal 2
Salah satu contoh larutan penyangga adalah larutan yang mengandung campuran ….
A. HNO3 dan NaNO3
B. H2CO3 dan NaHCO3
C. NaOH dan NaCl
D. NH4OH dan HCl
E. CH3COOH dan NaOH

Soal 3
Untuk membuat larutan penyangga dengan pH = 9, maka ke dalam 40 mL larutan NH3 0,5 M (Kb = 10-5) harus ditambahkan larutan HCl 0,2 M sebanyak ….
A. 10 mL
B. 20 mL
C. 30 mL
D. 40 mL
E. 50 mL

Soal 4
Jika 100 mL larutan HCl 0,1 M dicampurkan dengan 50 mL larutan NH3 0,3 M (Kb = 10-5), m aka pH larutan yang terbentuk adalah ….
A. 9 + log 3
B. 9 + log 5
C. 9 - log 5
D. 8 - log 2
E. 8 + log 5

Soal 5
Ke dalam 100 mL 0,1 M larutan CH3COOH (Ka = 1,7 . 10-5) ditambahkan sejumlahgaram CH3COONa (Mr = 82) hingga pH naik menjadi 5. massa CH3COONa yang ditambahkan tersebut adalah ….
A. 0,10 gram
B. 0,51 gram
C. 1,00 gram
D. 66,00 gram
E. 6,29 gram

Kegiatan akhir materi larutan penyangga.
marilah kita berlatih untuk menyelesaikan soal-soal berikut!
Selamat berlatih---salam chembucket

link terkait:







Related Posts

48 comments:

  1. Jadi kesimpulannya berdasarkan apa yang saya baca dari artikel tersebut diatas bahwasannya pada materi sebelumnya atau pada pendahuluan sudah tertera bahwa penambahan asam, basa ataupun pengenceran kalau masih dalam batasannya pH larutan penyangga akan cenderung tetap sama nah pada soal no 1 dan 2 ditambahkan asam dan basa ke dalam larutan penyangga ternyata pH nya juga tetap sama. Begitulah sistem kerja dari larutan penyangga itu. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kesimpulanya seperti yang sudah di ketahui bahwa larutan penyangga itu adalah larutan yang dapat menstabilkan pH meskipun ditambah sedikit asam, basa, atau di encerkan pH larutan penyangga cenderung tetap sama dan juga sudah di perjelas dengan soal no 1 dan 2 yang menambahkan asam dan basa ke larutan penyangga ternyata pH nya tetap sama.

    ReplyDelete
  4. menururut saya kesimpulannya adalah pH nya tetap sama meski ditambahkan sedikit asam, basa, atau diencerkan karena bekerjanya sistem larutan penyangga itu

    ReplyDelete
  5. Jadi yang saya ketahui dari materi ini ,Larutan penyangga basa dapat dibuat dengan cara mereaksikan larutan asam lemah dengan larutan garamnya. Selain itu penyangga dapat mengencerkan pH meskipun sedikit asam atau basa ,dan juga soal diatas ada juga larutan penyangganya Punya tetap sama . Agus Jordy

    ReplyDelete
  6. Jadi yang saya ketahui dari materi ini ,Larutan penyangga basa dapat dibuat dengan cara mereaksikan larutan asam lemah dengan larutan garamnya. Selain itu penyangga dapat mengencerkan pH meskipun sedikit asam atau basa ,dan juga soal diatas ada juga larutan penyangganya Punya tetap sama . Agus Jordy

    ReplyDelete
  7. Jadi menurut saya, jika penambahan asam dan basa kedalam larutan penyangga cenderung mempertahankan pH nya
    Toti Suwisnu kelas Indra

    ReplyDelete
  8. Yang dapat saya simpulkan dari materi di atas yaitu pH akan tetap atau bisa dikatakan stabil meskipun ditambahkan sedikit asam, basa atau diencerkan pH larutan akan tetap sama

    ReplyDelete
  9. jadi kesimpulan yang saya dapat dari soal diatas maka Larutan penyangga merupakan suatu sistem larutan yang dapat mempertahankan nilai pH larutan agar tidak terjadi perubahan pH atau sama. untuk contoh soal 1 dan 2 jika ditambahkan asam dan basa ke dalam larutan penyangga maka pHnya akan tetap sam.

    ReplyDelete
  10. jadi kesimpulan berdasarkan apa yang sudah di ketahui bahwa larutan penyangga itu adalah larutan yang dapat menstabilitas PH biarpun hanya sedikit basa, asam,dan di encerkan kalau masih dalam batasan PH larutan penyangga akan cendrung tetap sama. pada contoh soal nomer 1 dan contoh soal nomer 2 di tambahkan basa dan asam kedalam larutan penyangga ternyata PH tetap sama tidak berubah.

    ReplyDelete
  11. Jadi menurut yang saya ketahui dan yang saya pahami dari materi ini ,Larutan penyangga basa dapat dibuat dengan cara mereaksikan larutan asam lemah dengan larutan garamnya. Selain itu penyangga dapat mengencerkan pH meskipun sedikit asam atau basa ,dan juga soal diatas ada juga larutan penyangganya Punya tetap sama .(Suhartawan XI Indra Absen 10).

    ReplyDelete
  12. Jadi, kesimpulannya berdasarkan apa yang saya baca dari materi diatas bahwa penambahan asam, basa ataupun pengenceran kalau masih dalam batasannya pH larutan penyangga akan cenderung tetap sama seperti pada soal-soal di atas jika ditambahkan asam dan basa ke dalam larutan penyangga ternyata pH nya juga tetap sama. (Agus astra XI Surya Absen 29).

    ReplyDelete
  13. arya sutha
    02, surya
    jadi menurut yang saya ketahui dan yang saya pahami dari materi ini Larutan penyangga adalah suatu sistem larutan yang dapat mempertahankan nilai pH larutan agar tidak terjadi perubahan pH yang berarti oleh karena penambahan asam atau basa maupun pengenceran dan juga dapat mengencerkan pH sedikit asam atau basa

    ReplyDelete
  14. Kesimpulan yang saya peroleh dari materi di atas larutan penyangga apabila ditambahkan asam atau basa jika masih dalam batasannya maka pH nya akan cenderung tetap dan mengalami sedikit perubahan namun dapat diabaikan. Nah seperti pada contoh soal no 1 dan 2 ketika ditambahkan asam atau basa pH larutannya cenderung tetap namun mengalami sedikit perubahan yang dapat diabaikan. Seperti itu sistem kerjanya. Surya II

    ReplyDelete
  15. jadi yang dapat saya pelajari larutan penyangga adalah larutan yang mampu mempertahankan pH jika ditambahkan sedikit asam atau basa,sehingga tidak terjadi perubahan pH dalam sistem. Hal yang sama terjadi jika suatu larutan penyangga diencerkan. Jika campuran tersebut diencerkan, maka harga perbandingan komponen-komponennya tidak berubah sehingga pH larutan juga tidak berubah. Nah dari pernyataan tersebut dapat saya simpulkan bahwa penambahan asam, basa maupun pengenceran jika masih dalam batas (tidak berlebih) maka pH larutan penyangga tersebut akan tetap sama atau tidak berubah secara signifikan seperti pada soal 1 & 2.
    -Hery Putra/Surya(17)-

    ReplyDelete
  16. Saya tidak bisa menyimpulkan apapun:v
    Just kidding

    ReplyDelete
  17. Yang dapat saya simpulkan pH akan cenderung tetap walau ditambahkan asam, basa, ataupun diencerkan
    Ardi dari kelas surya
    Terima kasih

    ReplyDelete
  18. jada saya telah mempelajari tentang pengaruh penambahan sedikit asam basa atau pengenceran.jadi disan dijelaskan Larutan penyangga basa dapat dibuat dengan cara mereaksikan larutan asam lemah dengan larutan garamnya.dan dari soal di atas berisi asam,basa dan larutan penyangganya memiliki ph yang sama.[kadek wira yuda XI surya no;21]

    ReplyDelete
  19. Yang dapat saya simpulkan dari materi di atas adalah larutan penyangga apabila ditambahkan asam/basa jika masih dalam batasan pH akan tetap/sama dan mengalami sedikit perubahan namun dapat di abaikan ,contohnya seperti latihan soal 1 dan 2 .
    (Ryan adi 07/surya)

    ReplyDelete
  20. dapat disimpulkan bahwa larutan penyangga merupakan larutan yang cenderung mempertahankan pH
    rudi/surya/31

    ReplyDelete
  21. Dapat saya simpulkan dari materi pengaruh penambahan asam, basa, atau pengenceran. jadi larutan penyangga itu dapat mempertahankan pH nya apabila ditambahkan sedikit asam atau basa, tetapi tidak menutup kemungkinan pH nya berubah karena ditambah terlalu banyak asam, atau basa. dan hal ini juga berlaku saat larutan penyangga tersebut diencerkan.
    (Komang Mahendra / Surya 2 / 26)

    ReplyDelete
  22. (Agus Arya/28/surya2) yang dapat saya simpulakan dari materi di atas adalah bahwa larutan penyangga itu adalah larutan yang dapat menstabilkan pH meskipun ditambah sedikit asam,basa atau di encerkan pH larutan penyangga cendrung tetap sama.

    ReplyDelete
  23. Dika
    surya 2
    kesimpulan yang saya dapat adalah larutan penyangga dia tidak akan mengalami perubahan pH yg begitu besar saat ditambah sedikit asam maupun basa dan pengenceran. jadi larutan phnya tetapsama atau tidak berubah.

    ReplyDelete
  24. Jadi kesimpulannya larutan penyangga jika ditambahkan asam maupun basa dalam jumlah batasan PH akan tetap sama dan mengalami sedikit perubahan, namun dapat diabaikan. Contohnya saja pada soal nomor 1. Namun jika larutan penyangga diencerkan melebihi batasan pH maka akan terjadi perubahan Ph.
    Ari widiartha XI MIPA 1 Nomor 30

    ReplyDelete
  25. Jadi yang dapat saya simpulkan adalah larutan yang mampu mempertahankan pH jika ditambahkan sedikit asam/basa,tidak terjadi perubahan nilai pH yang signifikan terhadap sistem tersebut.atau larutan penyangga merupakan suatu sistem larutan yang dapat mempertahankan nilai pH agar tidak terjadi perubahan pH atau sama,pengenceran pada larutan penyangga juga tidak berpengaruh pada perubahan pH terkecuali pengenceran yang dilakukan begitu over,maka akan terjadi perubahan pH walau tidak signifikan
    (Dandy Kusuma/15/Surya 2)

    ReplyDelete
  26. well, kesimpulan saya belajar chemistry hari ini dirumah karena corona ini adalah berdasarkan apa yang saya baca dari materi diatas bahwa jika penambahan asam, basa ataupun pengenceran kalau masih dalam batasannya pH larutan penyangga akan cenderung tetap sama seperti pada soal-soal di atas jika ditambahkan asam dan basa ke dalam larutan penyangga ternyata pH nya juga tetap sama. TTD Dandy Aditya Ganskuy

    ReplyDelete
  27. Kesimpulan yang saya dapat setelah mempelajari materi Pengaruh penambahan sedikit asam, basa, atau pengenceran adalah dari pengertiannya larutan penyangga yaitu larutan yang dapat menstabilkan pH meskipun ditambah sedikit asam,basa atau di encerkan pH larutan penyangga cendrung tetap sama dan juga karena penambahan asam atau basa maupun pengenceran dapat mengencerkan pH sedikit asam atau basa

    ReplyDelete
  28. Jadi dapat disimpulkan Larutan penyangga (buffer) adalah larutan yang dapat menjaga (mempertahankan) pH-nya dari penambahan asam, basa, maupun pengenceran oleh air . pH larutan buffer tidak berubah (konstan) setelah penambahan sejumlah asam, basa, maupun air. Larutan buffer mampu menetralkan penambahan asam maupun basa dari luar. Contoh: Campuran dari larutan CH3COOH (asam lemah) dan larutan CH3COONa (basa konjugasi) membentuk larutan buffer asam. Yoga P.G/Surya/06

    ReplyDelete
  29. Hal yang dapat saya simpulkan dari pembelajaran di atas adalah tentang larutan penyangga. Di mana larutan penyangga adalah larutan yang mampu mempertahankan ph jika ditambahkan sedikit asam atau basa maupun jika larutan tersebut diencerkan. Seperti soal no 1 dan 2, tidak terjadi perubahan yamg signifikan terhadap ph larutan tersebut. Artinya perubahan tersebut dapat diabaikan.
    -Jaya Setiawan/Surya 2 (10)

    ReplyDelete
  30. Jadi hal yang bisa saya dapatkan dari pembelajaran hari ini ialah bahwa suatu larutan penyangga merupakan suatu larutan yang akan mempertahankan pH jika ditambahkan sedikit asam maupun basa. Dengan soal seperti no 1 dan 2, tidak terjadi perubahan pH sebab masih dalam ambang yang masih bisa dipertahankan, jika sudah melebihi ambang seperti contohnya penambahan 150 L NH3, maka nilai pH tersebut tidak bisa lagi untuk dipertahankan lagi. I GEDE YOGA APRIYAGOTA ( 07 ) agni class #staysafeNalwaysbehealthy #yourselfhealthyisnumber1

    ReplyDelete
  31. Eka Arya ( Agni)

    Jadi, kesimpulannya berdasarkan apa yang saya baca dari materi diatas bahwa penambahan asam, basa ataupun pengenceran kalau masih dalam batasannya pH larutan penyangga akan cenderung tetap sama seperti pada soal-soal di atas jika ditambahkan asam dan basa ke dalam larutan penyangga ternyata pH nya juga tetap sama.

    ReplyDelete
  32. Jadi hal yang bisa saya dapatkan dari pembelajaran hari ini ialah bahwa suatu larutan penyangga merupakan suatu larutan yang akan mempertahankan pH jika ditambahkan sedikit asam maupun basa. Dengan soal seperti no 1 dan 2, tidak terjadi perubahan pH sebab masih dalam ambang yang masih bisa dipertahankan, jika sudah melebihi ambang seperti contohnya penambahan 150 L NH3, maka nilai pH tersebut tidak bisa lagi untuk dipertahankan lagi. I Gede Arimbawa ( 03) kelas agni #staysafeNalwaysbehealthy #yourselfhealthyisnumber1

    Reply

    ReplyDelete
  33. Dari pengertian yaitu larutan penyangga adalah larutan yg mampu mempertahankan pH jika ditambah sedikit asam atau basa. Jadi apabila larutan tersebut di encerkan dengan batas yg sesuai maka larutan tersebut pHnya akan tetap atau tidak akan berubah sedangkan apabila larutan tersebut diencerkan secara berlebihan maka kemungkinan pHnya akan berubah
    - Kadek Saka Wirang Mahadi
    - Agni
    - 20

    ReplyDelete
  34. MADA DARMAYASA
    AGNI
    23
    Jadi yang dapat saya simpulkan dari materi di atas adalah Larutan penyangga dapat mempertahankan pH, jika ditambahkan sedikit asam ataupun basa nah begitu juga pada saat diencerkan, namun dalam praktiknya jika dilakukan pengenceran yang berlebihan maka pH dari larutan penyangga akan berubah. Misalkan 1 ml larutan penyangga diencerkan dengan 100 ml akuades, nah maka pH larutan penyangga akan berubah.
    Sekian Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Kesimpulan Disini kalau menurut saya, sebelumnya kan sudah dapat dijelaskan dimateri sebelumnya bahwa Larutan Penyangga/Buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan pH jika ditambahkan asam atau basa atau diencerkan yang tidak terlalu berlebihan.Jadi disi ni pada soal no 1 dan 2 ditambahkan asam dan basa ke dalam larutan penyangga ternyata pH nya juga tetap sama. Begitulah sistem kerja dari larutan penyangga itu. Terimakasih
    (Krisna Wijaya, AGNI/16)

    ReplyDelete
  36. jadi menururt saya setelah mempelajari materi ini adalah , larutan buffer suatu sistem larutan yang dapatmempertahankan nilai pH larutan agar tida terjadi perubahan pH yang berarti oleh karena penambahan asam atau basa maupun pengenceran. ini dibukatikan dengan soal latihan yang diberikan diatas , dimana suatu larutan penyangga akan cenderung mempertahankan pHnya wlaupun ditambahkan asam ataupun basa , sekian yang saya dapatkan pada pembelajaran ini, Trimakasih . ( Nova Wardana / Agni / 15 ).

    ReplyDelete
  37. Saya simpulkan bahwa larutan penyangga itu adalah larutan yang dapat menstabilkan pH meski ditambahkan sedikit asam, basa, atau di encerkan pH larutan penyangga akan tetap sama dan juga sudah dilihat dari pembahasan soal no 1 dan 2 yang menambahkan asam dan basa ke larutan penyangga yang ternyata hasil pH nya tetap sama.
    I Made Sudiantara/Agni/12

    ReplyDelete
  38. Kesimpulan yang saya dapat dari materi kimia diatas, larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pH nya apabila ditambahkan sedikit asam, basa, atau di encerkan. Jika Ditambahkan asam, basa yang melebihi batas minimum maka akan terjadi perubahan ph, tergantung apa yang ditambahkan. Sekian kesimpulan saya dari materi diatas.(Wardiana/27/Surya2)

    ReplyDelete
  39. Kesimpulan yang saya dapat dari materi kimia diatas, larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pH nya apabila ditambahkan sedikit asam, basa, atau di encerkan. Jika Ditambahkan asam, basa yang melebihi batas minimum maka akan terjadi perubahan ph, tergantung apa yang ditambahkan. Sekian kesimpulan saya dari materi diatas.(Wardiana/27/Surya2)

    ReplyDelete
  40. yang saya dapat simpulkan dari materi di atas yaitu untuk pembelaaran sebleumnya jika larutan penyngga ditambahkan sedikit asam,basa dan pengenceran pH-nya akan tidak berubah. nah pada materi ini secara teori jika larutan penyangga ditambahkan berapapun tingkat pengenceranya akan tetap sama.

    ReplyDelete
  41. yang dapat saya simpulkan dari materi larutan penyangga adalah, larutan penyangga adalah larutan yang jika ditambahkan dengan sedikit asam, basa dan pengencerah maka pH(derajat keasamannya)tidak akan berubah hal itu dibuktikan dari beberapa latihan soal yang menyatakan hal tersebut, terdapat juga pada soal nomor 1 dan 2
    .
    .
    .
    Kadek Narayana/Surya 2/18

    ReplyDelete
  42. Richest Adikusuma/Indra/19

    Jadi kesimpulan dalam materi yang saya pelajari dilihat dari pengertiannya yaitu larutan penyangga adalah larutan yang dapat menstabilkan pH ditambah asam,basa
    Jika asam ,basa / pengenceran jika masih dalam batasny pH akan tetap sama pada masalah diatas jika ditambahkan
    Dan juga dengan soal seperti no 1&2 , tidak terjadi perubahan pH karena masih dalam ambang batas yang masih bisa berubah jika melebihi batas nilai pH tersebut .

    ReplyDelete
  43. Revisi richest adikusuma/Indra/19

    Jadi kesimpulan pada materi ini adalah larutan penyangga larutan yang dapat menstabilkan pH ditambah asam,basa

    Jika asam,basa/pengenceran jika masih dalam batasnya pH pemasok akan tetap sama pada masalah diatas jika ditambahkan

    Dan juga dengan soal seperti no 1&2 , tidak terjadi perubahan pH karena masih dlm ambang batas yang masih bisa berubah jika melebihi batas Mak nilai pH tersebut tidak dapat dibeli lgi

    ReplyDelete