--> POS III : Reaksi Kimia: Jenis-Jenis reaksi kimia, dan Contohnya | Ibeli Ketut

Monday, April 22, 2024

POS III : Reaksi Kimia: Jenis-Jenis reaksi kimia, dan Contohnya

| Monday, April 22, 2024

 

Hay sobat chemistrylover, ternyata Reaksi Kimia bisa terjadi di mana saja bahkan di sekeliling kita dan kapan saja lho!

Tidak hanya di laboratorium saja, sebuah materi yang berinteraksi dalam membentuk produk baru disebut reaksi kimia, seperti saat sedang memasak atau membersihkan halaman rumah juga termasuk aktivitas yang bisa menimbulkan reaksi kimia. Reaksi kimia juga sangat penting dalam berbagai peristiwa yang terjadi di alam, seperti hujan asam dan fotosintesis.

Selain itu, di tubuh Sobat pun juga mengalami perubahan kimia, contohnya seperti saat berolahraga atau bahkan bernafas. Keren banget, kan?

Untuk mengetahui reaksi kimia lebih lanjut, yuk simak tulisan berikut!
 

Pengertian Reaksi Kimia

Nah Sobat, sesuai yang sudah disebutkan di awal nih, bahwa reaksi kimia adalah suatu proses di mana satu atau lebih zat diubah menjadi satu atau zat yang berbeda dan menghasilkan produk yang baru. Zat adalah unsur atau senyawa kimia. Reaksi kimia mengatur ulang atom reaktan untuk membuat zat yang berbeda.

Karena banyaknya reaksi kimia yang terjadi di sekitar kita, dibuatlah bentuk persamaan kimia untuk memudahkan manusia dalam mengekspresikan reaksi kimia. Persamaan kimia adalah pernyataan matematis yang melambangkan pembentukan produk dari reaktan sekaligus menyatakan kondisi tertentu yang menjadi alasan terjadinya reaksi.

Reaktan berada di sisi kiri, sedangkan produk yang terbentuk berada di sisi kanan dan dihubungkan oleh anak panah. Contohnya,

Dari persamaan di atas dapat Sobat lihat, bahwa A dan B adalah reaktan yang bereaksi dan membentuk produk C dan D. Dalam persamaan kimia yang sebenarnya, reaktan dilambangkan dengan rumus kimianya. Berdasarkan kekekalan massa, persamaan kimia harus seimbang, yaitu jumlah atom di kedua sisi harus sama. Contohnya,

Jenis-jenis Reaksi Kimia

1. Reaksi Pembakaran

2. Reaksi Kombinasi (pembentukan)

3. Reaksi Dekomposisi (penguraian)


4. Reaksi Perpindahan (penggantian tunggal)

Reaksi kimia di mana unsur yang lebih reaktif menggantikan unsur yang kurang reaktif dari larutan garam. Bentuk persamaannya seperti dibawah ini:

Reaksi perpindahan  juga disebut reaksi substitusi. Contoh reaksi perpindahan:

5. Reaksi Perpindahan Ganda (penggantian ganda)

Reaksi perpindahan ganda terjadi di mana ion dipertukarkan antara dua reaktan yang membentuk senyawa baru. Bentuk persamaannya seperti dibawah ini:


Reaksi perpindahan ganda juga disebut reaksi metatesis. Contoh reaksi perpindahan ganda:

UNTUK LEBIH JELASNYA KALIAN BISA TONTON VIDEO PENJELASAN PADA LINK : reaksi kimia, ciri-ciri dan jenisnya

Tugas Individu: tuliskan masing-masing 1 buah contoh reaksi penggantian tunggal dan reaksi penggantian ganda!


Related Posts

No comments:

Post a Comment