--> Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Bagian II (Pengaruh Ion Senama/Sejenis) | Ibeli Ketut

Sunday, April 26, 2020

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Bagian II (Pengaruh Ion Senama/Sejenis)

| Sunday, April 26, 2020
Sahabat Chemistrylovers, jika ke dalam larutan jenuh AgCl ditambahkan beberapa tetes larutan NaCl maka akan segera terjadi pengendapan AgCl. Demikian pula bila ke dalam larutan AgCl tersebut ditambahkan beberapa tetes larutan AgNO3. Hal tersebut dapat dijelaskan dengan mempelajari reaksi kesetimbangan kelarutan AgCl.
Sesuai dengan Asas Le Chatelier, bila ke dalam sistem kesetimbangan tersebut ditambahkan  ion Cl- maka kesetimbangan akan bergeser kekiri, sehingga mengakibatkan  jumlah  AgCl yang mengendap bertambah. Demikian pula bila ke dalam sistem kesetimbangan tersebut ditambahkan ion Ag+, maka sistem kesetimbangan tersebut akan bergeser  ke kiri dan berakibat  bertambahnya jumlah AgCl yang mengendap. Jadi bila ke dalam sistem kesetimbangan kelarutan ditambahkan ion senama (ion yang sejenis) akan mengakibatkan kelarutan senyawa tersebut berkurang.

MENENTUKAN KELARUTAN (S) SETELAH DITAMBAHKAN ION SENAMA

Perhatikan Contoh Soal berikut!

Contoh soal 1
Berapa kelarutan AgCl di dalam larutan NaCl 0,1 M jika Ksp AgCl pada suhu tertentu adalah  2,0 x 10-10.!

Penyelesaian:
Langkah 1. Buatlah reaksi kesetimbangan AgCl dan NaCl. dan tentukan ion - ion yang terdapat dalam sistem

Langkah 2. Tentukan Konentrasi ion Ag+ dan Cl-
[Ag+] = s M
[Cl-] = s + 0,1
[Cl-]  yang berasal dari AgCl sangat sedikit dibanding [Cl-]  yang berasal dari   NaCl, maka [Cl-]  yang berasal dari AgCl dapat diabaikan. sehingga :
[Cl-] = 0,1 M

Langkah 3. Tentukan kelarutan (s) dengan cara yang terdapat pada link berikut : Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Bagian I

Contoh Soal 2
Tentukan kelarutan CaCO3 dalam satu liter larutan yang mengandung CaCl2 0,15 mol jika Ksp CaCO3 = 4.8 x 10-9
Penyelesaian :
Langkah 1. Tuliskan reaksi kesetimbangan CaCO3 dan reaksi ionisasi CaCl2



Nah demikian cara menentukan kelarutan (s) suatu senyawa garam ketika ditambahkan ion senama atau sejenis.

Untuk lebih memahami, cobalah kerjakan beberapa latihan soal berikut!




















Related Posts

6 comments:

  1.  Nah dari apa yang ada dalam materi diatas, dan juga dengan mengerjakan soal latihan yang ada, dapat disimpulkan bahwa keberadaan ion senama dapat memperkecil nilai kelarutan suatu larutan. Misal pada contoh no 2c, nilai kelarutan BaF₂ dalam NaF lebih kecil jika dibandingkan kelarutannya di dalam air, hal ini dipengaruhi karena adanya ion senama dalam BaF₂ dan NaF, yaitu F⁻. Keberadaan ion senama akan memperkecil nilai kelarutannya atau akan mengakibatkan larutan lebih sukar larut namun tidak akan mempengaruhi nilai Ksp asalkan tidak ada perubahan suhu ketika reaksi pelarutan berlangsung.
    Pramanda
    Indra

    ReplyDelete
  2. jadi kesimpulan nya adalah apabila di dalam suatu kesetibangan ditambah ion sejenis maka akan mengurangi atau memperkecil nilai suatu kelarutan. nahh, keberadaan ion senama ini yang akan mengakibatkan larutan lebih sukar larut maka lebih mudah terjadi pengendapan pada suatu reaksi kesetimbangan :)

    ReplyDelete
  3. jadi kesimpulan yang saya dapatkan dari materi diatas beserta latihannya adalah jika suatu reaksi kesetimbangan ditambahkan dengan suatu senyawa yang memiliki ion senama atau sejenis maka hal tersebut akan mempengaruhi nilai kelarutannya, nilai kelarutannya akan menjadi lebih kecil dan akan mempermudah larutan tersebut untuk larut.

    ReplyDelete
  4. Jadi hal yang bisa saya tangkap dari materi diatas, bahwa penambahan ion senama ( ion yang sejenis ) akan sangat berpengaruh terhadap kelarutan senyawa tersebut.

    ReplyDelete
  5. disimpulkan bahwa keberadaan ion senama dapat memperkecil nilai kelarutan suatu larutan. apabila di dalam suatu kesetibangan ditambah ion sejenis maka akan mengurangi atau memperkecil nilai suatu kelarutan

    richest/ indra

    ReplyDelete
  6. jadi kesimpulannya jika suatu kesetimbangan ditambahkan ion senama maka dengan adanya keberadaan ion senama tersebut akan memperkecil nilai kelarutan dari kesetimbangan atau membuat suatu kesetimbangan sukar untuk larut.
    Wayan Evan/Agni/31

    ReplyDelete