--> Rumus Molekul dan Rumus Empiris | Ibeli Ketut

Tuesday, March 26, 2019

Rumus Molekul dan Rumus Empiris

| Tuesday, March 26, 2019
Rumus Molekul dan Rumus Empiris



Rumus kimia suatu zat menyatakan komposisi dari partikel terkecil penyusun zat tersebut, yang dinyatakan dengan lambang unsur penyusun, serta perbandingan jumlah atom-atom unsur penyusun partikel tersebut yang dinyatakan dengan angka (angka 1 tidak dituliskan). Contoh : C12H22O11, artinya gula tersusun dari molekul-molekul gula dimana setiap molekulnya dibentuk dari gabungan 12 atom karbon, 22 atom hidrogen, dan 11 atom oksigen. Rumus kimia dibedakan menjadi rumus empiris dan rumus molekul. Agar tidak terjadi kesalahan mengartikan rumus kimia, perhatikan contoh-contoh berikut ini.

Tabel 3. Arti Rumus Kimia
Rumus Kimia
Artinya
S
Atom Belerang
8S
Delapan atom belerang
S8
Satu molekul belerang (gabungan dari 8 atom belerang)
MgSO4
Satu satuan rumus kimia garam inggris
MgSO4.5H2O
Satu satuan rumus kimia garam Inggris yang mengikat 5 molekul air
2MgSO4
Dua satuan rumus kimia garam inggris


Rumus Empiris
            Rumus empiris menunjukkan jenis dan perbandingan paling sederhana dari atom-atom penyusun suatu zat. Rumus empiris dapat ditentukan dengan menghitung perbandingan mol komponen penyusun zat.
Cara menentukan rumus empiris suatu senyawa yaitu:

Rumus Molekul
            Rumus molekul menyatakan jenis dan jumlah sesungguhnya dari atom-atom yang menyusun suatu molekul. Pada dasarnya rumus molekul merupakan kelipatan-kelipatan dari rumus empirisnya.

Tabel 3. Rumus Molekul dan Rumus Empiris Beberapa Senyawa

Rumus Molekul
Rumus Empiris
N
Nama Zat
C2H2
CH
2
Etuna
C2H4
CH2
2
Etena
C6H14
C3H7
2
Heksana
CH3COOH
CH2O
2
Asam asetat
NaCl
NaCl
1
Natrium klorida
H2O
H2O
1
Air

Untuk menentukan rumus molekul maka:
Dengan n = bilangan bulat
Nilai n dapat ditentukan jika rumus empiris dan massa molekul relative (Mr) zat diketahui.
Rumus Senyawa Hidrat
            Air kristal (hidrat) merupakan molekul air yang terjebak di dalam suatu kristal zat. Kristal pada umumnya terbentuk  dari proses penguapan atau pemadatan secara perlahan-lahan . Apabila kita melarutkan garam kemudian garam diuapkan airnya, maka akan terjadi kristal garam, dan kemungkinan terdapat kristal air yang terjebak di dalamnya.

Jumlah air kristal dalam suatu kristal zat dapat kita tentukan dengan beberapa cara, diantaranya:
a.   dengan cara memanaskan suatu kristal hingga air kristalnya terlepas, sebelum
dipanaskan, kristal, tersebut ditimbang terlebih dahulu kemudian selisihkan
beratnya dengan kristal yang sudah mengalami pemanasan. Dari selisih berat
tersebut kita dapat menentukan jumlah air kristal.
b.     dengan cara menganalisis melalui reaksi kimiaHidrat adalah zat padat yang mengikat beberapa molekul air sebagai bagian dari struktur kristalnya.

Secara umum, rumus senyawa hidrat dapat ditulis sebagai berikut:
Perbandingan massa unsur-unsur suatu senyawa selalu tetap sehingga dapat ditentukan persentase unsur-unsur dalam senyawa tersebut. Persentase unsur-unsur dalam senyawa didasarkan pada perbandingan jumlah massa atom relatif (Ar) unsur tertentu dengan massa molekul relatif (Mr) rumus kimia tersebut yang dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut:

Rumus kimia suatu zat menyatakan komposisi dari partikel terkecil penyusun zat tersebut, yang dinyatakan dengan lambang unsur penyusun, serta perbandingan jumlah atom-atom unsur penyusun partikel tersebut yang dinyatakan dengan angka (angka 1 tidak dituliskan). Contoh : C12H22O11, artinya gula tersusun dari molekul-molekul gula dimana setiap molekulnya dibentuk dari gabungan 12 atom karbon, 22 atom hidrogen, dan 11 atom oksigen. Rumus kimia dibedakan menjadi rumus empiris dan rumus molekul.

di dalam halaman ini, akan dibahas tentang apa itu rumus molekul dan rumus empiris, kemudian bagaimana cara menentukan rumus molekul dari rumus empiris. untuk bahan ajar kalian dapat download di link berikut!

Bahan Ajar Rumus Molekul dan Empiris

untuk Lembar kegiatan siswa (LKS) silahkan di download

LKS rumus molekul dan empiris

Latihan soal



Related Posts

2 comments: